Friday, February 26, 2010

Pendidikan untuk Koperasi

Pendidikan. Dari semua literatur, survey, maupun interview saya ternyata hal mendasar yang dibutuhkan untuk mewujudkan tujuan koperasi adalah Pendidikan.
  1. Pendidikan ke masyarakat. Memperbaiki citra koperasi yang rusak dan mengubah persepsi/paradigma masyarakat yang salah terhadap konsep & praktek koperasi. Koperasi bukanlah alat ORBA maupun alat siapa-siapa. Koperasi adalah dari anggota untuk anggota, yuk menjalankan koperasi secara benar.
  2. Pendidikan ke anggota koperasi. Bagaimana menjalankan koperasi secara benar, sesuai dengan visi, misi, prinsip koperasi sehingga tidak terjadi penyelewengan, dan dapat mencapai tujuan bersama. 
  3. Pendidikan ke manajemen koperasi. Koperasi bukanlah "organisasi ajaib" yang otomatis sukses, tapi harus dikelola secara profesional layaknya bisnis korporasi. Bagaimana kita ingin koperasi maju seperti koperasi kalo masih dikelola secara asal-asalan? Di sini termasuk manajemen SDM, manajemen produksi, pemasaran, akunting, dll.
  4. Pendidikan ke karyawan koperasi. Sebenarnya ini termasuk ruang lingkup manejemen SDM, tapi ada beberapa hal yang spesifik terhadap karyawan koperasi. Misalnya, karyawan diberikan insentif untuk "shop local", jadi tidak sekedar bekerja selayaknya di perusahaan (asal kerja) tapi mempunyai kontribusi aktif terhadap sustainabilitas jaringan usaha koperasi yang mempekerjakannya dan tentunya bonus yang didapat karyawan.
  5. Pendidikan ke advokat koperasi (feedback). Para penggerak dan trainer koperasi juga harus "ditraining ulang" agar sekian banyak literatur, case study, eksperimen, dan pengalaman perkoperasian di Indonesia dan di luar negri yang sudah 150an tahun ini tidak sia-sia. Istilah programmernya: don't reinvent the wheel.
  6. Pendidikan pendayagunaan teknologi. Sebagai orang IT, sebenarnya titik berat saya (pribadi) di sini. Karena di sinilah saya paling paham dan paling bisa berkontribusi dibanding yang lain-lainnya. Untuk sisi-sisi lainnya, harus musti banyak mencari bantuan dari pelaku koperasi. Lihat selengkapnya di artikel Teknologi untuk Koperasi.

No comments:

Post a Comment