Friday, February 26, 2010

Kerjasama Koperasi dan Swamitra Bank Bukopin?

:: Welcome To Bukopin Website ::
Bisnis Mikro (Swamitra) Bank Bukopin
Latar Belakang
Sebuah konsep terobosan dari Bank Bukopin, yang memungkinkan Koperasi dan Lembaga Keuangan Mikro mengatasi masalah kelangkaan modal, kepercayaan dan manajemen melalui kerjasama Kemitraan dengan Bank Bukopin menggunakan teknologi mutakhir untuk menjamin pelayanan yang professional serta jaringan pelayanan yang terpadu.
Definisi
Swamitra adalah nama dari suatu bentuk kerjasama/kemitraan antara Bank Bukopin dengan Koperasi untuk mengembangkan serta memodernisasi usaha simpan pinjam melalui pemanfaatan jaringan teknologi (network) dan dukungan sistem manajemen sehingga memiliki kemampuan pelayanan transaksi keuangan yang lebih luas, dengan tetap memperhatikan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.
Kerjasama/kemitraan yang dibangun didasarkan pada pertimbangan kepentingan yang sama untuk menciptakan nilai tambah bagi kedua belah pihak, baik bagi Koperasi ataupun Bank Bukopin.
Swamitra berasal dari bahasa Kawi yang artinya kerja sama atas keinginan sendiri (tanpa paksaan) dengan prinsip kebersamaan dan saling menguntungkan.
Swamitra sebagai suatu usaha yang dibentuk melalui kerjasama dengan Koperasi, tunduk pada Undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian dan Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1995 tentang Usaha Simpan Pinjam, yang dalam pelaksanaan kegiatan usahanya melakukan penghimpunan dan penyaluran dana melalui kegiatan simpan pinjam dari dan untuk anggota koperasi yang bersangkutan, calon anggota koperasi yang bersangkutan, serta koperasi lain dan atau anggotannya (untuk selanjutnya cukup/dapat disebut Anggota Swamitra).
Tujuan
Menumbuhkembangkan simpan-pinjam di kalangan anggota Koperasi guna memacu pertumbuhan
usaha dalam rangka peningkatan kesejahteraan anggota tersebut.
Membuka peluang akses permodalan bagi Koperasi yang selama ini menghadapi banyak kendala
dalam kerjasama dengan bank atau lembaga keuangan lainnya.
Mendukung terciptanya jaringan kerja antar kantor Swamitra diseluruh Indonesia, dengan
harapan dapat menghasilkan :

Sinergi kerja antar Swamitra yang lebih luas
Volume transaksi keuangan yang lebih besar
Kecepatan dan keamanan transaksi yang lebih baik
Efisiensi dan optimalisasi usaha yang lebih tinggi
Kontrol yang lebih baik dalam pengelolaan dana
Manfaat
Sistem teknologi dan manajemen yang dipergunakan Swamitra diharapkan dapat
meningkatkan kepercayaan pada Anggota Swamitra tersebut, sehingga dapat meningkatkan
penghimpunan dana untuk disalurkan kembali kepada Anggota Swamitra lainnya.
Anggota Swamitra dapat melakukan transaksi keuangan yang pada masa mendatang
dapat dilakukan langsung di setiap kantor Swamitra melalui sistim jaringan (on line)
berdasarkan kesepakatan kerjasama diantara koperasi pemilik Swamitra bersangkutan.
Memberi dukungan pada penyediaan informasi dan komunikasi bisnis sehingga perencanaan
produksi dan pemasaran dapat dilakukan dengan lebih baik, yang dapat dimanfaatkan
Anggota Swamitra dalam rangka peningkatan usaha produktif-nya.
Penyajian laporan keuangan beserta perubahannya dapat dilakukan secara cepat dan akurat
pada setiap saat dibutuhkan sehingga kepentingan untuk pengendalian dan pengawasan
dalam pengelolaan Swamitra dapat dilakukan dengan baik.
Sistem manajemen dan teknologi Swamitra memiliki daya tarik bagi pihak-pihak lain, seperti ;
Pemerintah, BUMN, dan Swasta lainnya dalam rangka penyaluran dana-dana baik dalam
bentuk bantuan maupun dana bergulir dalam rangka meningkatkan usaha skala mikro dan kecil,
hal ini disebabkan kemampuannya dalam menyediakan laporan perkembangan penyaluran
dana-dana tersebut secara akurat
Produk Swamitra
Produk Dana
Pada dasarnya produk dana atau simpanan yang dimiliki oleh Swamitra terdiri dari :

Simpanan Swamitra
merupakan produk simpanan yang dapat ditarik dan disetor sesuai dengan keinginan
anggota melalui kantor Swamitra
Simpanan Berjangka Swamitra
merupakan produk simpanan yang penarikannya dapat dilakukan secara berkala,
baik 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan maupun 12 bulan dengan tingkat suku bunga yang bersaing.
Serupa dengan Deposito di Bank

Produk Pinjaman
Pada dasarnya produk pinjaman yang dapat dilayani oleh Swamitra terdiri dari :

Pinjaman untuk Modal Kerja
Pinjaman untuk Investasi
Pinjaman untuk Konsumtif
Sistem On-Line Swamitra
Jaringan Swamitra yang menggunakan system real time online memungkinkan suatu transaksi
dilakukan di gerai Swamitra dimana saja. Gerai Swamitra dikelola oleh tenaga-tenaga professional
yang dilatih secara khusus oleh Bank Bukopin.
Mekanisme
Transaksi anggota Swamitra dilakukan dengan memanfaatkan jaringan real time online Bank Bukopin.
Seluruh gerai Swamitra terhubung dengan host Bank Bukopin, sehingga memungkinkan transaksi
dilakukan di gerai Swamitra dimanapun diseluruh Indonesia.
Real time online system Swamitra dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan Swamitra
kepada anggotanya.
Ini contoh skema kerjasama yang seharusnya bagus... tapi kenyataan di lapangan sepertinya tidak sesuai harapan di awal.

Swamitra Bukopin ini dan studi kasus Smescomart .. perlu dipelajari lebih lanjut. So jangan mengulangi kesalahan yang sama.

2 comments:

  1. Mangontang Siahaan.

    Bekasi,25 April 2017

    Kepada Yth :

    Bpk. Pimpinan BANK BUKOPIN

    Jakarta /Bekasi

    U.P : – BGN KREDIT
    No : 001/IV/SRN/2017


    Dengan Hormat,

    Kami Koperasi Sarina yang sudah berjalan selama 4(empat )tahun membutuhkan bantuan modal Kerja.

    Sampai dengan saat ini kita kerjasama (PKS )Nasional dengan Bank BTPN dengan Sistim SI daharapkan Bank BRI dengan PKS Lokal sudah memperoleh Tagihan di atas 750.jt per bulan .

    Kami mengharapkan bantuan dari Bapak/Ibu untuk mendukung kami dalam Pelayanan Kredit Pensiunan Bank BTPN dan BRI krn kami kekurangan modal kerja sebesar 1.500.0000.000 ( satu milyrad lima ratus juta rupiah ) untuk jangka waktu 30(tiga puluh bulan)

    Sebagai bahan pertimbangan buat Bapak/Ibu kami sudah memiliki :

    Nama : MANGONTANG SIAHAAN SE Ak
    Jabatan : DIREKTUR KEUANGAN
    Email : siahaan_mangontang@yahoo.com
    No.yang dpt dihubungi : 081574013773
    Nama Perusahaan : KOPERASI SARINA
    Jenis Perusahaan : Pelayanan Pemberian Kredit Pensiunan BTPN dan BRI
    Alamat : Jln KH.Noer Ali Kalimalang Blok B-2 No.16
    Ruko Duta Permai –Bekasi Barat


    Sebagai Bahan Pertimbangan Buat Bapak/Ibu kami sudah memiliki :
    1. Akte Pendirian dari Koperasi SARINA ( Akte Notaris )
    2. NPWP ( Nomor Pokok Wajib Pajak )
    3. SIUP
    4. TDP ( Tanda Daftar Perusahaan )
    5. Perjanjian Kerjasama ( PKS ) dengan Bank BRI
    6. Perjanjian Kerjasama ( PKS ) dengan Bank BTPN degan Wilayah seluruh Indonesia
    7. Struktur Organisasi Koperasi Sarina
    8. Fotocopy KTP Pengurus yang sedang berlaku.
    9. Fotocopy Kartu Keluarga Pengurus
    10. Fotocopy Rekening Berjalan dari BTPN dan BRI untuk 3 (tiga ) bulan berjalan.
    11. Laporan Keuangan Per 31 Des 2014-2015 (sudah diaudit oleh Akuntan Publik )
    12 Outstanding Piutang Nasabah Koperasi Sarina
    13 Anggaran Koperasi Sarina untuk Mei s.d Desember 2017
    14 Laporan Sistim Pemotongan Nasabah BTPN ( SI ) utk Bulan Des 2016
    15 Realisasi Penyaluran,Tagihan dan Realisasi dari Jan s/d Maret 2017 BTPN dan BRI.

    Demikianlah Kami informasikan sebagai bahan pertimbangan buat Bapak/Ibu dan besar harapan kami kiranya permohonan kami ini

    dapat diterima dan disetujui dan atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.


    Terima Kasih atas bantuan dan Kerjasamanya.

    Hormat Kami Mengetahui

    KOPERASI SARINA


    Mangontang Siahaan.SE Tetty Tobing
    Keuangan Pimpinan

    No.Hp.0815-74013773

    ReplyDelete
  2. Mau nanya klo kerjasama koprasi dan bank itu bunga nya berapa ?

    ReplyDelete