Friday, February 26, 2010

Koperasi Role Model : GKSI (KPSBU & KPBS) dan Kopdit

Dalam proyek saya ini saya akan fokus untuk mengambil intisari alias resep kesuksesan dua koperasi berikut, yang berbeda jenis:
  1. Kopdit (Koperasi Kredit) binaan INKOPDIT / CUCOINDO.
  2. Koperasi Produksi : KPSBU (Koperasi Peternak Susu Bandung Utara) dan KPBS (Koperasi Peternak Susu Bandung Selatan) yang tergabung dalam GKSI (Gabungan Koperasi Susu Indonesia).
Dua Fungsi, Satu Tujuan. Merupakan kesengajaan untuk memilih dua jenis koperasi yang berbeda karena menurut saya dua fungsi koperasi tersebut (kredit dan produksi) merupakan inti perekonomian dan masing-masing punya peran tersendiri.

Kolaborasi. Tujuan saya juga untuk meriset bagaimana kedua jenis koperasi tersebut dapat bekerjasama, misalnya:
  • Peternak yang butuh kredit dapat mengambil dari Kopdit, secara terintegrasi dan prosesnya tidak ribet. Semudah apabila GKSI mempunyai KSP sendiri, tapi dengan manajemen yang profesional selayaknya Kopdit sejati.
  • Pengusaha/UKM yang mendapat kredit dari Kopdit, mendapat akses yang lebih mudah ke peternak di GKSI, sehingga lebih mudah untuk mengembangkan usaha. Daripada melulu mengurusi masalah supply chain, lebih baik waktu & tenaga pebisnis dialihkan ke bidang lainnya misalnya untuk marketing, yang merupakan bidang yang sangat diperlukan.

4 comments:

  1. misi gimana caranya yah untuk jadi anggota GKSI
    saya peternak ujungberung tepatnya daerah desa ciporeat mohon bantuanya pa/bu

    ReplyDelete
  2. saya bersama kawan2 berencana membuka koperasi, sebelumnya saya perlu studi banding, sebaiknya saya menghubungi siapa ya ?

    ReplyDelete
  3. saya bersama kawan2 berencana membuka koperasi, sebelumnya saya perlu studi banding, sebaiknya saya menghubungi siapa ya ?

    ReplyDelete
  4. saya bersama kawan2 berencana membuka koperasi, sebelumnya saya perlu studi banding, sebaiknya saya menghubungi siapa ya ?

    ReplyDelete